Resep Cara Membuat Bolu Gulung Rainbow Kukus Panggang Lembut & Enak

Advertisement
Advertisement
Resep Cara Membuat Bolu Gulung Rainbow Kukus Panggang Lembut & Enak - Kue bolu adalah jenis kue yang paling banyak disukai oleh lapisan masyarakat kita diantidak mengenal lintas usia , dari mulai anak-anak, dewasa, tua dan bahkan manula sekalipun menyukainya, karena kalau diliat dari tekturnya bolu ini memiliki pori-pori yang sangat kecil sekali sehingga sangat lembut sekali saat disentah dan betapa lunaknya waktu dikunyah, hal ini sangat memanjakan lidah para penikmatnya. dan itu bisa dilalukan atau disajikan kapan saja  tanpa harus meliat suasana karna  bolu ini adalah kue lintas waktu, di sajikan pagi, siang, sore dan malam sekalipun rasanya tetaplah enak.

 Keistimewaan kue bolu ini dia dapat hadir dalam segala acara, baik itu acara yang sipatnya santai atau yang pormil. misalnya dari mulai acara ulang tahun, arisan, syukuran, hajatan bahkan dalam acara panyambutan hari raya keagamaan seperti dimaklumi semua orang, saat lebaran misalnya. Seolah menjadi sesuatu yang wajib adanya, karna tanpa kue ini seperti ada sesuatu yang kurang. Jadi tidak heran kalau kue bolu ini menjadi paforit semua orang. dan bahkan pada saat menonton tv secangkir kopi ditemani dengan kue bolu rasanya uenak  tenan. Jadi yang namanya kue bolu sudah tak asing lagi bagi masyarakat Indonesia.



Ada banyak jenis kue bolu yang sering kita jumpai,dan ada banyak varian serta bentuknya, hal ini membuktikan betapa hebatnya inovasi-inovasi dalam dunia kuliner. kini yang jadi pertanyaannya adalah apakah kita pernah menyajikan dengan hasil buah tanga srndiri ?? Untuk itu kami sengaja datang kedapur anda sekedar untuk berbagi kesenangan dan kepuasan saat membuat kue bolu, apalagi kalau yang akan menyantap hidangannya adalah keluarga tercinta. Lau apasih yang membuat kue bolu ini begitu lembut dan enak.!? 

Bolu gulung ini tdaklah susah dalam pembuatannya cuna ada beberapa hal yang harus diperhatikan pada saat membut adonan dan waktu memanggangnya harus diupayakan agar jangan sampai over baked ( terlalu lama dipanggang) ini akan menjadikan kue keras sehingga sulit untuk proses penggulungan. Dan saat  membuat adonan gunakanlah mixer dengan posisi kecepatan tertinggi ini bertujuan agar adonan mengembang secara sempurna dan hasil pemanggangannya mengembang bagus dan tidak bantet. untuk lebih jelasnya mari kita simak resep berikut ini

Bahan - Bahan Kue Bolu Gulung Panggang

1. Tepung terigu protein sedang (tepung segitiga biru) kurang lebih sebanyak 70 gram        saja. Jangan lupa tepung terigu diayak dahulu sampai halus.
2. Telur ayam ukuran sedang besar sebanyak 6 butir saja.
3. Susu bubuk kualitas bagus kurang lebih sebanyak 10 gram saja.
4. Cake emulsifer atau pelembut kue kurang lebih sebanyak 1 sendok makan saja. Biasanya digunakan   merek sp atau merek favorit anda yang lain.
5. Gula halus atau juga bisa menggunakan gula pasir putih kurang lebih sebanyak 90 gram        saja.
6. Mentega kualitas bagus atau bisa juga menggunakan margarin kurang lebih sebanyak 125        gram. Panaskan sampai meleleh lalu dinginkan sebelum dicampur dengan bahan lain
7. Tepung maizena kurang lebih sebanyak 10 gram saja
8. Perisai vanila atau vanila essence kurang lebih sebanyak 1 sendok kecil saja. Bisa        diganti dengan pasta pandan kalau ingin membuat bolu gulung pandan.
9. Selai nanas, strawbery, butter cream, parutan keju atau bahan lain yang akan digunakan sebagai toppingnya.
10.Beberapa lembar kertas roti dan sedikit mentega untuk olesan loyang.

Cara Membuat Kue Bolu Gulung Panggang

Langkah pertama kita panaskan oven dahulu sampai suhu 200 derajat dan diamkan selama kurang lebih sekitar 10 menit. Sambil menunggu oven panas, kita buat adonan kue bolu gulungnya.
halus, maizena, perisai vanila dan tepung terigunya.
Kocok dan mixer semua bahan tersebut dengan kecepatan tinggi sampai kelihatan kental dan adonannya mengembang sempurna.
Tuang mentega yang sudah dicairkan dan didinginkan sebelumnya ke dalam wadah adonan diatas. Aduk aduk menggunakan spatula atau alat lain hingga semua bagian benar benar tercampur rata.
Siapkan loyang yang akan digunakan dan olesi bagian dasarnya dengan mentega atau margarin kemudian atasnya dialasi lagi dengan kertas roti. Diatas kertas roti olesi sedikit juga dengan mentega lagi.
Tuang adonan ke atas loyangnya lalu hentakan beberapa kali supaya adonan rata dan gelembung udaranya hilang.
Masukkan loyang ke dalam oven yang sudah dipanaskan sebelumnya. Masak dan panggang sampai kulit luarnya berwarna kecoklatan atau kurang lebih selama 15 menit dengan suhu kurang lebih sebesar 200 derajat.
Setelah dirasa matang, ambil kertas roti dan letakkan di meja. Keluarkan loyang dari oven dan tuang atau balikkan di atas kertas rotinya supaya tidak rusak permukaan luarnya.
Olesi dengan selai nanas, selai strawbery atau topping lain yang diinginkan kemudian gulung dengan sedikit agak dipadatkan. Kue Roti Gulung siap dihidangkan.

Baca juga artikel terkait resep kue bolu pandan pelangi

Demikian selesailah sudah proses pembuatan resep kue bolu gulung panggang, cukup mudah dan sangat sederhana bukan ?!  dan anda yang suka ada variasinya tinggal menambahkan butter cream lalu tambahkan misalnya coklat messes, keju parut atau yang lainnya sesuai selera masing-masing. Selamat mencoba

Advertisement